Post Top Ad

Orang terkadang berkeluh kesah tentang nasibnya. Apa perbedaan takdir & nasib ? Apakah takdir dan nasib bisa dirubah ? Bagaimana pandangan ajaran Islam tentang : takdir dan nasib ?




Takdir dan Nasib kedua kata itu sama-sama berasal dari bahasa Arab. Nasib berasal dari kata nashib yang artinya bagian atau jatah, sedangkan takdir berasal dari kata taqdir yang artinya menentukan ukuran. Lantas, apa perbedaan di antara kedua istilah tersebut? 



Mari terlebih dahulu kita membaca Al-Fatihaah, [baca : Mari 'meluruskan niat' dengan Surah Al-Faatihah ], semoga Allah Yang Maha Raḥmān & Raḥīm berkenan memberikan petunjuk-Nya kepada kita dan memudahkan untuk memahaminya :



أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ


بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِينَ

ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

مَٰلِكِ يَوْمِ ٱلدِّينِ

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ

ٱهْدِنَا ٱلصِّرَٰطَ ٱلْمُسْتَقِيمَ

صِرَٰطَ ٱلَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ ٱلْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا ٱلضَّآلِّينَ


امِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ



Beriman kepada qadha dan qadar merupakan rukun iman yang keenam. Qadha dan qadar merupakan bagian rahasia Allah terhadap makhluk-Nya.Tak satupun makhluk Allah tahu apa yang ditetapkan dan akan terjadi pada dirinya atau alam sekitarnya. Seorang muslim wajib mengimani ketetapan Allah baik yang menyenangkan maupun yang tidak menyenangkan yang terjadi pada dirinya.



وَاِنْ مِّنْ شَيْءٍ اِلَّا عِنْدَنَا خَزَاۤىِٕنُهٗ وَمَا نُنَزِّلُهٗٓ اِلَّا بِقَدَرٍ مَّعْلُوْمٍ


Wa im min syai'in illā ‘indanā khazā'inuhū wa mā nunazziluhū illā biqadarim ma‘lūm(un).

Tidak ada sesuatu pun melainkan di sisi Kamilah perbendaharaannya dan Kami tidak menurunkannya melainkan dengan ukuran tertentu. QS. Al-Hijr [15] : 21



Takdir berkaitan dengan qadha dan qadar. Qadha adalah ketetapan Allah Subḥānahu Wataʿālā  sejak zaman azali atau sebelum diciptakannya alam semesta. Sementara qadar adalah perwujudan dari qadha atau ketetapan Allah Subḥānahu Wataʿālā dalam kadar tertentu sesuai dengan kehendak-Nya. Qadar dari Allah Subḥānahu Wataʿālā itulah yang kemudian dikenal dengan istilah takdir.


Dari Abdullah bin ‘Amr bin Al Ash radhiallahu’anhu,
Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:


كَتَبَ اللَّهُ مَقَادِيرَ الخَلَائِقِ قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَ السَّمَوَاتِ وَالأرْضَ بِخَمْسِينَ أَلْفَ سَنَةٍ

“Allah telah menuliskan takdir seluruh makhluk 50.000 tahun sebelum penciptaan langit dan bumi”.
(HR.Muslim no.2653)




Jika diibaratkan, qadha adalah ‘rencana’, sedangkan qadar adalah ‘perwujudan’ atau kenyataan yang terjadi. Lalu, nasib adalah bagian dari qadar Allah.


Menurut Prof. M. Quraish Shihab dalam Wawasan Al-Qur’an : Tafsir Maudhu’i Atas Pelbagai Persoalan Umat, kata takdir diambil dari kata qaddara berasal dari akar kata qadara yang antara lain berarti mengukur, memberi kadar, atau ukuran. Sehingga jika kita berkata, “Allah telah menakdirkan demikian,” maka itu berarti Allah telah memberi kadar/ukuran/batas tertentu dalam diri, sifat, atau kemampuan maksimal makhluk-Nya.


Macam-macam takdir Allah dibagi menjadi dua, yaitu Takdir Mubram dan Takdir Muallaq. Berikut penjelasan lebih terinci :


  • Takdir Mubram

Takdir mubram adalah ketentuan mutlak dari Allah Subḥānahu Wataʿālā yang pasti berlaku dan manusia tidak diberi peran untuk mewujudkannya.

Macam-macam takdir Allah ini contohnya : rahasia tentang kelahiran dan kematian manusia. Tentunya tidak ada yang tahu kapan kamu akan dilahirkan dan kapan akan mati. Semua menjadi rahasia Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى dan terjadi sesuai dengan ketetapan-Nya.


وَمَا كَانَ لِنَفْسٍ اَنْ تَمُوْتَ اِلَّا بِاِذْنِ اللّٰهِ كِتٰبًا مُّؤَجَّلًا ۗ وَمَنْ يُّرِدْ ثَوَابَ الدُّنْيَا نُؤْتِهٖ مِنْهَاۚ وَمَنْ يُّرِدْ ثَوَابَ الْاٰخِرَةِ نُؤْتِهٖ مِنْهَا ۗ وَسَنَجْزِى الشّٰكِرِيْنَ


Wa mā kāna linafsin an tamūta illā bi'iżnillāhi kitābam mu'ajjalā(n), wa may yurid ṡawābad-dun-yā nu'tihī minhā, wa may yurid ṡawābal-ākhirati nu'tihī minhā, wa sanajzisy-syākirīn(a).

Setiap yang bernyawa tidak akan mati, kecuali dengan izin Allah sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Siapa yang menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala (dunia) itu dan siapa yang menghendaki pahala akhirat, niscaya Kami berikan (pula) kepadanya pahala (akhirat) itu. Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur. QS. Ali 'Imraan [3] : 145


وَلِكُلِّ اُمَّةٍ اَجَلٌۚ فَاِذَا جَاۤءَ اَجَلُهُمْ لَا يَسْتَأْخِرُوْنَ سَاعَةً وَّلَا يَسْتَقْدِمُوْنَ

Wa likulli ummatin ajal(un), fa iżā jā'a ajaluhum lā yasta'khirūna sā‘ataw wa lā yastaqdimūn(a).

Setiap umat mempunyai ajal (batas waktu). Jika ajalnya tiba, mereka tidak dapat meminta penundaan sesaat pun dan tidak dapat (pula) meminta percepatan. QS. Al A'raaf [7] : 34



  • Takdir Muallaq

Takdir muallaq adalah ketentuan Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى yang mengikut sertakan peran manusia melalui usaha atau ikhtiarnya.

Contoh takdir muallaq : apabila seorang manusia ingin pintar atau kaya, maka keinginan tersebut bisa tercapai apabila ada doa & usaha yang harus dilakukan sebelumnya.

Dengan begitu, apa yang diraihnya selain ditentukan oleh takdir Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى, juga ditopang oleh usaha dan doa yang dia lakukan. Jadi, berusaha itu harus, tetapi kamu juga harus berdoa dan rela menerima segala takdir yang sudah ditentukan oleh Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى.

 

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ


Lahū mu‘aqqibātum mim baini yadaihi wa min khalfihī yaḥfaẓūnahū min amrillāh(i), innallāha lā yugayyiru mā biqaumin ḥattā yugayyirū mā bi'anfusihim, wa iżā arādallāhu biqaumin sū'an falā maradda lah(ū), wa mā lahum min dūnihī miw wāl(in).

Baginya (manusia) ada (malaikat-malaikat) yang menyertainya secara bergiliran dari depan dan belakangnya yang menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka mengubah apa yang ada pada diri mereka. Apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, tidak ada yang dapat menolaknya, dan sekali-kali tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia. QS. Ar-Ra'd [13] : 11


Artikel terkait :


Dengan begitu, apa yang diraihnya selain ditentukan oleh takdir Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى, juga ditopang oleh doa dan usaha yang dilakukannya. Ketika doa dan usaha telah dilakukan, apapun hasilnya, hal itu adalah bagian dari ketetapan dari Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى


Seandainya hasil yang kita capai sesuai dengan doa dan ikhtiar yang kita lakukan, kita harus selalu mensyukurinya. Akan tetapi jika hasil yang dicapai belum sesuai dengan yang kita harapkan, berarti hal itu memang bukan atau belum menjadi hak kita. 


Perbedaan pemikiran tentang : Qadha & Qadar

Semua hal di dunia ini sudah ditakdirkan, tetap manusia memiliki kehendak dan ikhtiar. Kaya atau miskin, bahagia atau sengsara, menikah atau tetap sendiri, mempertahankan keluarga atau bercerai semua itu adalah pilihan bagi manusia.


Jika kita menganggap bahwa semua itu sudah menjadi takdirNya dan manusia hanya menjalankannya maka ia terbawa pada pemikiran Jabariyah atau Jabriah yang menganggap bahwa manusia hanya seperti boneka (wayang) yang dipaksa mengikuti takdir dari Allah Ta’ala. Sedangkan bila ia berkeyakinan bahwa manusia memiliki kehendak penuh untuk melakukan segala sesuatu tanpa takdir Allah, maka ia terjebak ke dalam pemikiran Qadariah di mana manusia seolah-olah bebas tanpa kuasa dariNya.


Maka, jalan tengah dari keduanya adalah pendapat dari Ahlu Sunnah wal Jamaah yang meyakini bahwasa : semua takdir semesta telah ditetapkan oleh Allah Ta’ala sejak awal mula penciptaan, tetapi manusia memiliki kehendak dan ikhtiar untuk menentukan dan memilih yang yang terbaik baginya. Oleh karena itu tetap yakin dengan takdir Allah Ta’ala dan terus berusaha untuk menjadi yang terbaik dan melakukan hal-hal yang baik agar kehidupan kita berakhir dalam kebaikan yaitu di surga sebagai negeri keabadian. 


Dua buah takdir : Buya Arrazy Hasyim



Kebenaran adalah milik  Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَىWallahu a’lam bishawab. Mudah-mudahan Tuhan Yang Maha Rahmaan &  Rahiim berkenan memberikan hidayah-Nya kepada kita, keturunan Nabiyullah Sayyidina Adam 'Alaihissalam. Aamiin Ya Rabbal'alamiin.


Semoga bemanfaat.


Related Posts

Post Bottom Ad