Post Top Ad

Sifat 20 yang wajib bagi Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى merupakan sifat-sifat yang menggambarkan Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى sebagai Dzat Yang Maha Esa dan Maha Sempurna. Sedangkan sifat 20 yang mengacu pada sifat yang mustahil bagi Allah adalah sifat-sifat yang mengingkari ke-Esaan Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى.



Ketauhidan dalam Islam sangat dijaga. Bagaimana memposisikan Tuhan sebagai Sang Pencipta, bagaimana posisi para Utusan-Nya, bagaimana posisi makhluk kepada Sang Pencipta, dan kepada para Utusan-Nya, dll. 


Sebagai contoh, ketika Tuhan Semesta Alam ingin berkomunikasi dengan makhluk-Nya, DiaAllah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى tidak harus mewujudkan diri sebagai makhluk-Nya. Dia Yang Maha Kuasa akan berkomunikasi kepada manusia melalui sisi spiritualnya, yaitu Qolbunya.


Mari terlebih dahulu kita membaca Al-Fatihaah, [baca : Mari 'meluruskan niat' dengan Surah Al-Faatihah ], semoga Allah Yang Maha Raḥmān & Raḥīm berkenan memberikan petunjuk-Nya dan memudahkan kita memahami berbagai tanda-tanda kekuasan-Nya :



أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ


بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِينَ

ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

مَٰلِكِ يَوْمِ ٱلدِّينِ

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ

ٱهْدِنَا ٱلصِّرَٰطَ ٱلْمُسْتَقِيمَ

صِرَٰطَ ٱلَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ ٱلْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا ٱلضَّآلِّينَ


امِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ


Dua puluh sifat Allah adalah suatu konsep ketuhanan Islam di dalam ajaran mazhab Asy'ariyah yang menyatakan bahwa Allah memiliki 20 sifat. Pengembangan konsep mengenai dua puluh sifat Allah secara pasti dilakukan oleh generasi penerus mazhab Asy'ariyah dan tidak memiliki ketetapan yang pasti pada generasi awalnya. 


Dua puluh sifat Allah dibagi lagi menjadi empat kelompok yaitu sifat wujud (1 sifat), sifat negasi (5 sifat), sifat makna (7 sifat), dan sifat penegasan (7 sifat). Sifat 20 adalah istilah yang mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah 20 sifat wajib bagi Allah, dan yang kedua adalah 20 sifat yang mustahil bagi Allah. 


Sifat-sifat Allah yang ditetapkan oleh kaum Asy'ariyah memiliki makna yang berbeda dengan sifat-sifat yang ada pada diri manusia. Nama sifatnya memiliki kemiripan namun dalam pemaknaannya sangat berbeda.


Baca juga :


Artikel terkait :




Penjelasan dan pengelompokan Sifat wajib 20 bagi Allah


Dua puluh sifat yang tertera di atas yang wajib bagi Allah terkandung di dalam dua sifat kesempurnaan. Sifat tersebut adalah :


1. Istigna' ( ﺇﺳﺘﻐﻨﺎﺀ )

  • Kaya Allah daripada sekalian yang lain daripada-Nya yaitu tidak berkehendak ia kepada sesuatu. Maksudnya, Allah tidak menghendaki yang lain menjadikan-Nya dan tidak berkehendak akan tempat berdiri bagi Dzat-Nya. Contohnya : Allah tidak memerlukan dan tidak menghendaki malaikat untuk menciptakan Arasy.
  • Maka, Maha Suci Tuhan daripada tujuan pada sekelian perbuatan dan hukum-hukumnya dan tidak wajib bagi-Nya membuat sesuatu atau meninggalkan sesuatu.
  • Sifatnya: wujuud, qidam, baqaa, mukhaalafatuhu lilhawaadith, qiyaamuhu binafsih, sama', bashar, kalaam, kaunuhu sami'an, kaunuhu bashiran, kaunuhu mutakallimaan.

2. Iftiqar ﺇﻓﺘﻘﺎﺭ )

  • Yang lain berkehendak akan sesuatu daripada Allah yaitu yang lain berkehendakkan daripada Allah untuk menjadikan dan menentukan mereka dengan perkara yang harus. Contohnya : manusia memohon kepada Allah melancarkan hidupnya.
  • Sifatnya: wahdaaniyat, qudrat, iraadat, 'ilmun, hayaat, kaunuhu qadiraan, kaunuhu muriidaan, kaunuhu hayyaan.

 


Sifat 20 yang wajib bagi Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى  ini dapat dikelompokkan menjadi empat golongan, yakni : nafsiyah, salbiyah, ma'ani, dan ma'nawiyah.


1. Nafsiyah

Kelompok sifat wajib bagi Allah yang nafsiyah adalah sifat yang berhubungan dengan Dzat Allah. Sifat nafsiyah ini hanya satu, yaitu : Wujud.


2. Salbiyah

Kelompok sifat wajib bagi Allah yang salbiyah adalah sifat-sifat yang meniadakan sifat-sifat yang berlawanan dengan sifat wajib bagi Allah. Sifat salbiyah, yaitu : Qidam, Baqaa, Mukhalafatu lil hawadiši, Qiyamuhu binafsihi, dan Wahdaniyah.


Baca juga :


3. Ma'ani

Kelompok sifat wajib bagi Allah yang ma'ani adalah sifat-sifat yang berhubungan dengan perbuatan Allah. Sifat ma'ani, yaitu : Qudrat, Iradat, Ilmu, Hayat, Sama', Bashar, dan Kalam.



Buya Arrazy Hasyim : Sifat Ma'ani



4. Ma'nawiyah

Kelompok sifat wajib bagi Allah yang ma'nawiyah adalah sifat-sifat yang berkaitan erat dengan sifat-sifat ma'ani. Sifat-sifat ma'nawiyah ini tidak dapat berdiri sendiri karena setiap ada sifat ma'ani pasti ada sifat ma'nawiyah. Sifat ma'nawiyah, yaitu : Qadiraan, Muriidaan, 'Aalimaan, Hayyaan, Samii'aan, Bashiiraan, dan Mutakallimaan.



Kebenaran adalah milik  Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَىWallahu a’lam bishawab. Mudah-mudahan Tuhan Yang Maha Rahmaan &  Rahiim berkenan memberikan hidayah-Nya kepada kita, keturunan Nabiyullah Sayyidina Adam 'Alaihissalam. Aamiin Ya Rabbal'alamiin.


Semoga bemanfaat.


Related Posts

Post Bottom Ad